Sejarah Kerajaan Samudera Pasai


Sejarah kerajaan samudra pasaimemang begitu menarik perhatian. Pasalnya kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 13. Dimana pada masa tersebut adalah tahun runtuhnya kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Samudra Pasai didirikan oleh Sultan Marah Silu (raja) yang kemudian dikenal dengan nama Malik As Saleh karena beliah telah memeluk agama islam.
Mengingat bahwa Malik As Saleh adalah raja pertama Samudra Pasai, maka secara otomatis Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Selama masa kekuasaannya, Sultan Malik As Saleh sudah berkuasa selama kurang lebih 29 tahun dari 1297 sampai dengan 1326 M. Sekedar informasi, Kerajaan Samudera Pasai adalah gabungan dari Kerajaan Peurlak dan Kerajaan Pase.
Sejarah kerajaan samudra pasai juga diperkuat dengan adanya catatan dari Ibnu Batutah yang merupakan seorang sejarawan dari Maroko. Ibnu Batutah menjelaskan bahwa Samudera Pasai adalah pusat studi Islam. Beliau berkunjung ke kerajaanSamudra Pasaipada tahun 1345-1346. Dalam menyebutkan Samudra, Ibnu Batutah menyebutnya dengan nama “Sumutrah” yang kemudian dikenal saat ini dengan nama Sumatera. Setelah sampai di pelabuhan Pasai, Ibnu Batutah dijemput langsung oleh laksamana muda Pasai yang bernama Bohruz. Selanjutnya, Batutah diajak ke istana untuk bertemu dengan cucu dari Malik as-Saleh yaitu Sultan Muhammad.
Sultan Pasai dengan Sultan Mahmud dari Delhi dan juga Kesultanan Usmani Ottoman diberitakan melakukan hubungan baik. Tak hanya itu, diberitakan pula bahwa ada pegawai asal Kerajaan Safawi yang bekerja dan mengabadikan dirinya di istana Kerajaan Samudra Pasai. Melihat hal tersebut, tak mengherankan jika di masa selanjutnya karya sastra dari Persia sangat terkenal di Samudra Pasai. Dari catatan Batutah, agama islam sudah ada sejak seabad lalu di Kerajaan Samudera Pasai diperkirakan abad ke-12 M. Dalam masa itu, raja dan rakyat kerajaan Samudera Pasai mengikuti Mazhab Syafei. Setelah tinggal setahun di Pasai, Ibnu Batutah langsung melanjutkan perjalanannya ke Cina.
Setahun berada di Pasai, Batutah pun melanjutkan pelayaran menuju Cina dan pulang kembali pada 1347. Sejarah kerajaan samudra pasai memang identik dengan kerajaan bercorak islam yang pertama di Indonesia. Tak hanya itu, kerajaan ini juga menjadi pusat studi islam dan juga perdagangan sehingga kehidupan ekonominya semakin meningkat.
Sultan Malik al Saleh sebagai raja pertama meninggal pada tahun 1297. Setelah Sultan Malik al Saleh meninggal, Samudra Pasai dipimpin oleh Malikal-Zahir I mulai tahun 1297 hingga 1302. Ia sering mendapat sebutan Sultan Muhammad.

sejarahberdirinya_kerajaanislam.blogspot.com


Dahulu di kerajaan Samudera Pasai tentunya para raja maupun rakyat dalam menjalankan ibadah sholat pastinya dilakukan di dalam sebuah masjid maupun musholla. Dalam sebuah masjid maupun musholla tentunya memiliki perlengkapan-perlengkapan yang tersedia. Perlengkapan masjid jaman dahulu dengan sekarang tentunya berbeda. Jaman semakin modern dan canggih ini tentunya perlengkapan masjid pun juga tak kalah canggih. Salah satu perlengkapan masjid yang canggih tersebut yakni jam digital masjid. Jam digital masjid ini sedang menjadi trend. Harga jam digital masjid jogja juga terjangkau. Salah satunya produk jam digital masjid kami ini berkualitas dan harganya terjangkau. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk kami dapat kalian kunjungi website kami di www.jadwaldigital.com

Sumber::

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajaan Islam Pertama di Jawa